3 Terdakwa Peristiwa Pidana Kejahatan Keuangan Tol MBZ Dituntut 4 hingga 5 Tahun Penjara

JAKARTA – Tiga terdakwa Peristiwa Pidana dugaan Kejahatan Keuangan proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II atau Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) dituntut hukuman 4 hingga 5 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) meyakini ketiganya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Kejahatan Keuangan secara bersama-sama.

Tiga terdakwa itu adalah Direktur Operasional II PT Bukaka Metode Utama Dari tahun 2008 dan kuasa KSO Bukaka PT KS; Sofiah Balfas; Ketua Panitia lelang Di PT JCC, Yudhi Mahyudin; dan Team Leader Konsultan Perencana PT LAPI Ganesatama Consulting dan pemilik PT Delta Dunia Struktur, Tony Budianto Sihite.

“Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Kejahatan Keuangan secara bersama-sama sebagaimana diatur dan diancam pidana Di Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Kejahatan Keuangan (Aturantertulis Tipikor) sebagaimana telah diubah Di Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Kejahatan Keuangan Jo Pasal 55 ayat 1 Hingga-1 KUHP sebagaimana Di dakwaan primer JPU,” kata JPU Di ruang sidang Lembaga Proses Hukum Tipikor Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Adapun, rincian Permintaan Di tiga terdakwa adalah Sofiah Balfas dituntut lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar Di subsider enam bulan kurungan badan. Sesudah Itu, Yudhi Mahyudin empat tahun penjara dan denda Rp1 miliar Di subsider enam bulan kurungan badan.

Berikutnya, Tony Budianto Sihite dituntut lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar Di subsider enam bulan kurungan badan. Sebelumnya, JPU juga membacakan Permintaan Di Mantan Dirut Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JCC), Djoko Dwijono. Ia dituntut 4 tahun penjara.

“Menuntut, Menyediakan pidana Di Djoko Dwijono Maka Itu Di pidana penjara Di 4 tahun dikurangi Di terdakwa berada Di tahanan Sambil Di perintah agar terdakwa tetap ditahan Di Tempattinggal tahanan Negeri,” kata JPU Di ruang sidang Lembaga Proses Hukum Tipikor Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 3 Terdakwa Peristiwa Pidana Kejahatan Keuangan Tol MBZ Dituntut 4 hingga 5 Tahun Penjara