4 Fakta Beskap Jawa yang Dipakai Chris Martin, Punya Makna dan Filosofi Mendalam

Baju beskap Jawa yang dipakai Chris Martin sempat mencuri banyak perhatian. Vokalis Coldplay tersebut belum lama ini mengenakan beskap ketika hadir Di Kegiatan penggalangan dana. Foto/X @IDWantsColdplay

JAKARTA – Baju beskap Jawa yang dipakai Chris Martin sempat mencuri banyak perhatian. Vokalis Coldplay tersebut belum lama ini mengenakan beskap ketika hadir Di Kegiatan penggalangan dana.

Foto Chris Martin mengenakan beskap Jawa ini diunggah Di akun Instagram @denicaflesch dan @leonard_theosabrata. Unggahan itu lantas mengundang banyak perhatian, terutama Didalam Kelompok Indonesia.

Beskap sendiri merupakan Busana tradisional yang terbuat Didalam kain jas. Busana ini biasanya Memperoleh kancing Di yang dihiasi Didalam emas dan dua buah kenop Di Pada leher.

Fakta Beskap Jawa yang Dipakai Chris Martin

1. Asal-usul Beskap Jawa

Beskap Memperoleh akar sejarah yang kental Di Kekayaan Budaya Dunia Jawa. Kata “beskap” berasal Didalam bahasa Jawa Kuno, yaitu “Wes Kaprah,” yang secara harfiah berarti “sudah tercapai” atau “sudah mencapai kematangan”.

Busana ini pertama kali dikenakan Dari para bangsawan dan kerabat keraton Ke masa kerajaan Jawa. Busana ini awalnya digunakan sebagai Busana sehari-hari Untuk Menunjukkan status sosial. Tetapi, seiring berjalannya waktu, beskap menjadi lambang keanggunan dan keagungan yang dipertahankan Di Kebiasaan adat Jawa.

2. Makna Beskap Untuk Orang Jawa

Beskap Untuk orang Jawa merupakan representasi Didalam kematangan dan kewibawaan. Penggunaan beskap tidak hanya mencerminkan usia matang secara fisik, tetapi juga matang secara emosional dan spiritual.

Beskap juga memaknai pesan estetika dan keindahan, serta ekspresi dan identitas Kekayaan Budaya Dunia. Bukan Hanya Itu, beskap Jawa juga merupakan bentuk Didalam penghormatan Di upacara penting.

Tak heran jika busana ini kerap dipakai Ke upacara adat, pernikahan, dan Kegiatan penting lain Untuk Menunjukkan kecintaan Di warisan leluhur.

3. Filosofi Beskap yang Dipakai Chris Martin

Diketahui bahwa Chris Martin mengenakan sebuah beskap yang termasuk Di koleksi Angkasa Didalam Sukkhacitta. Di laman resmi Sukkhacitta, disebutkan kalau beskap yang dikenakan vokalis Grup Musik asal Inggris tersebut Memperoleh filosofi tersendiri.

Beskap yang digunakan Chris Martin Memperoleh filosofi Jawa “Urip Iku Urup”, yang telah membimbing para ibu Didalam generasi Di generasi.

Menurut Senarai Istilah Jawa, urip berarti hidup dan menyala. Ke Di Yang Sama, urup Ke Umumnya dapat diartikan sebagai nyala atau menyala. Kedua kata tersebut biasanya digunakan Di keseharian Kelompok Jawa.

4. Terdapat Beberapa Jenis Beskap

Busana adat Jawa yang penuh Didalam filosofi ini terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya Beskap Kembang, Beskap Landung, Beskap Jawi Langkep, Beskap Sikepan, hingga Beskap Langenharjan.

Beskap yang digunakan Chris Martin sendiri jika dilihat Didalam modelnya termasuk jenis Beskap Kembang. Di mana beskap tersebut identik Didalam Busana para pangeran Di Jawa.

(tsa)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 4 Fakta Beskap Jawa yang Dipakai Chris Martin, Punya Makna dan Filosofi Mendalam