8 Konsumsi yang Perlu Dihindari Untuk Pengidap Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Jakarta

Kolesterol tinggi merupakan Kepuasan Di kadar kolesterol Ke Di darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol bisa menumpuk Ke pembuluh darah dan memicu berbagai Gangguan berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Sebagai informasi, kolesterol berasal Di dua sumber yakni Konsumsi dan organ hati. Kolesterol sendiri berperan penting Di menjalankan beberapa fungsi tubuh.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Keduanya Memperoleh fungsi yang berbeda.


LDL bekerja Di cara menumpuk kolesterol Ke pembuluh darah Supaya bisa memicu komplikasi serius. Itu sebabnya kolesterol jenis ini kerap disebut kolesterol ‘jahat’. Sedangkan HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar Di liver (hati).

Dijelaskan Sebelumnya Itu, salah satu sumber kolesterol berasal Di Konsumsi yang dikonsumsi. Nah, ada sejumlah Konsumsi yang dapat Memperbaiki kolesterol LDL dan total kolesterol Di tubuh.

Lantas, apa saja Konsumsi yang perlu dihindari Untuk pengidap kolesterol tinggi? Simak berikut ini.

Konsumsi yang Perlu Dihindari Untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

Ada sejumlah Konsumsi yang wajib dihindari Untuk pengidap kolesterol tinggi. Mengutip Di berbagai sumber, berikut daftar makanannya:

1. Konsumsi Cepat Saji

Konsumsi cepat saji atau fast food wajib dihindari Dari pengidap kolesterol tinggi. Dilansir WebMD, hal itu Sebab fast food dimasak lewat proses penggorengan Di Energi Di jumlah yang banyak.

Hal tersebut membuat Konsumsi cepat saji mengandung lemak trans yang sangat tinggi, Supaya dapat Memperbaiki kadar kolesterol Di darah.

2. Gorengan

Gorengan memang begitu nikmat, apalagi jika dikonsumsi bersamaan Di Minuman Kafein hangat. Tetapi, kelezatan gorengan dapat memicu kolesterol tinggi, Supaya harus dihindari Dari pengidapnya.

Sebab, gorengan mengandung kalori dan lemak trans yang sangat tinggi. Kedua zat itu dapat Memperbaiki kolesterol jahat dan berisiko menyebabkan Gangguan berbahaya seperti jantung, obesitas, dan diabetes.

3. Jeroan

Jeroan sapi seperti otak, lidah, hati, hingga babat merupakan salah satu Konsumsi yang dapat memicu kolesterol tinggi. Sebagai contoh, Di 85 gram hati sapi mengandung Di 335 mg kolesterol.

Selain sapi, jeroan ayam juga mengandung kolesterol LDL yang tinggi. Misalnya, Di 145 gram hati ayam dapat mengandung Di 351 mg kolesterol.

4. Konsumsi Manis

Mengkonsumsi Konsumsi manis memang membuat mood Karena Itu lebih baik. Tetapi kalau terlalu sering dapat memicu kolesterol tinggi.

Mengutip Cleveland Clinic, Konsumsi manis seperti kue, es krim, dan keik mengandung gula dan kolesterol yang tinggi. Kombinasi Di keduanya dapat Di mudah memicu Gangguan obesitas dan diabetes.

5. Udang

Walau merupakan salah satu bahan Konsumsi yang rendah lemak, tapi ternyata udang termasuk Hingga Di Konsumsi yang pantang dikonsumsi Sebagai pengidap kolesterol tinggi.

Sebab, Di 113 gram udang mengandung Di 170 mg kolesterol. Jumlah tersebut sudah melebihi setengah Di batas asupan kolesterol harian yang hanya 200-300 mg saja.

6. Kuning Telur

Mengkonsumsi kuning telur apalagi Di Kepuasan setengah matang tentu menggugah selera. Eits, meski begitu Konsumsi ini merupakan salah satu pemicu kolesterol tinggi.

Ke Di satu kuning telur mengandung Di 186 mg kolesterol. Artinya, jika mengkonsumsi dua butir telur Di sehari sudah melebihi batas asupan kolesterol harian.

7. Daging Olahan

Terlalu sering mengkonsumsi daging olahan seperti sosis atau bacon dapat memicu kadar kolesterol jahat Meresahkan. Hal ini Sebab daging olahan mengandung kadar natrium yang tinggi Tetapi rendah Konsumsi Bergizi.

8. Produk Olahan Susu

Beberapa produk olahan susu seperti keju dan yogurt mengandung kadar kolesterol cukup tinggi. Meski begitu, tak semua produk olahan susu mengandung kolesterol yang tinggi, lho.

Misalnya keju jenis cheddar dan swiss yang mengandung kolesterol tinggi. Di satu cangkir keju cheddar terdapat Di 131 mg kolesterol, sedangkan keju swiss mengandung 123 mg kolesterol Ke takaran yang sama.

Sama halnya Di yogurt. Pengidap kolesterol tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi yogurt penuh lemak atau full-fat yoghurt. Sebab, Di secangkir full-fat yoghurt mengandung Di 31,8 mg kolesterol.

Penyebab Lain Kolesterol Tinggi

Selain mengkonsumsi Konsumsi tidak sehat, ada sejumlah penyebab lain yang dapat memicu kolesterol tinggi. Dilansir laman Kementerian Kesejaganan RI, berikut penyebab kolesterol tinggi:

  • Kurang Aktivitasfisik dan bergerak
  • Kebiasaan merokok
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Obesitas
  • Memperoleh Gangguan tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), Gangguan liver, dan Gangguan ginjal.
  • Pertambahan usia. Di usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu atherosclerosis juga Lebihterus besar.

Maka Di itu, sebaiknya mulai menerapkan pola Kebugaran Yangbaik Dari dini. Sebab, kolesterol tinggi tak hanya menyerang usia tua, Tetapi anak muda juga bisa mengalaminya.

Itu dia delapan Konsumsi yang perlu dihindari Untuk pengidap kolesterol tinggi. So, jaga Kesejaganan ya!

Simak Video “Mitos atau Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Konsumsi yang Perlu Dihindari Untuk Pengidap Kolesterol Tinggi, Apa Saja?