Selain Brasil, Ini Daftar Negeri yang Memblokir X

JAKARTA – Beberapa Negeri memblokir platform media sosial X . Justru ada yang hampir dua dekade melarangnya. Salah satunya adalah China yang melarang Twitter Sebelum Juni 2009, Sebelumnya platform tersebut memperoleh posisi berpengaruh Untuk media dan politik Barat Pada 2010an.

Pemerintah Brasil bergabung Untuk daftar Negeri yang melarang X. Arabnews melansir, Rabu (4/9/2024) Negeri Brasil mulai memberlakukan pelarangan Di Sabtu lalu (31/8/2024).

Selain larangan permanen, beberapa Negeri telah membatasi akses Di platform media sosial X yang sering digunakan Dari para pembangkang politik Sebagai berkomunikasi. Mesir, misalnya, melakukannya Di 2011 Pada pemberontakan Arab Spring Di 2014 dan 2023 Di Turki dan Uzbekistan Di pemilihan Pemimpin Negara Negeri tersebut Di 2021.

Beberapa Negeri lainnya, seperti Beijing memberlakukan pelarangan Sebelum penindasan pemerintah Di Unjuk Rasa pro-Kedaulatan Rakyat Di Lapangan Tiananmen Di Kota Besar Di 20 tahun lalu. Sebelum Pada itu, banyak orang China beralih Di alternatif lokal seperti Weibo dan WeChat.

Twitter juga diblokir Dari Teheran Di 2009, ketika gelombang Unjuk Rasa terjadi Sesudah pemilihan Pemimpin Negara bulan Juni yang diperdebatkan. Jaringan ini telah digunakan Sebelum Pada itu Sebagai menyampaikan informasi kepada dunia luar tentang gerakan-gerakan pembangkang, termasuk Unjuk Rasa menentang penindasan hak-Kesetaraan Gender Dari Iran Sebelum akhir 2022.

Negeri Asia Ditengah yang terisolasi, Turkmenistan memblokir Twitter Di awal 2010an bersamaan Di banyak layanan online Foreign dan situs web lainnya. Pihak berwenang Di Ashgabat mengawasi Di ketat penggunaan Jaringan Dari warga yang disediakan Melewati operator monopoli milik Negeri, TurkmenTelecom.

Sambil Itu Pyongyang, Korea Utara membuka akun Twitter-nya sendiri Di 2010 Untuk upaya Memikat minat orang Foreign Di Negeri tersebut. Tetapi Inisiatif tersebut diblokir bersama Di Facebook, YouTube, serta situs perjudian dan pornografi Sebelum April 2016. Akses Jaringan, Di luar beberapa situs web pemerintah, berada Di bawah pengawasan ketat pemerintah Di rezim tertutup ini Di akses yang dibatasi Sebagai beberapa pejabat tinggi.

Platform X telah diblokir Sebelum Februari 2021, ketika pihak berwenang menargetkan Inisiatif tersebut Lantaran digunakan Dari penentang kudeta militer yang menggulingkan pemerintahan sipil Aung San Suu Kyi. Untuk Pada Itu, junta militer Myanmar memegang kendali ketat atas akses Jaringan Di Negeri tersebut.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Selain Brasil, Ini Daftar Negeri yang Memblokir X