Aurus Ambil Alih Pabrik Toyota di Rusia, Produksi Mobil Mewah Dimulai!

Aurus Ambil Alih Pabrik Toyota di Rusia, Produksi Mobil Mewah Dimulai!
Aurus Ambil Alih Pabrik Toyota di Rusia, Produksi Mobil Mewah Dimulai!

Era baru bagi industri otomotif Rusia dimulai dengan pengambilalihan pabrik Toyota di St. Petersburg oleh Aurus, produsen mobil mewah ternama. Penutupan pabrik Toyota di tahun 2022 akibat sanksi terkait Ukraina membuka peluang bagi Aurus untuk memperluas jangkauannya di pasar domestik.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, mengumumkan akuisisi ini, dengan target produksi dimulai sebelum akhir tahun 2024. Pabrik yang sebelumnya memproduksi model Camry dan RAV4 ini akan difokuskan pada pembuatan mobil-mobil mewah Aurus yang terkenal dengan kemewahan dan keamanannya.

Aurus, didirikan satu dekade lalu, memiliki misi untuk menggantikan armada mobil pejabat tinggi Rusia yang didominasi merek asing. Merek ini pertama kali diperkenalkan pada pelantikan Presiden Vladimir Putin di tahun 2018 dan kini menjadi simbol kemewahan dan prestise di Rusia.

Mobil-mobil Aurus dirakit di dua lokasi, yaitu pabrik NAMI di Moskow dan pabrik perakitan di Republik Tatarstan. Aurus juga telah merambah pasar internasional dengan meluncurkan produksinya di Uni Emirat Arab di tahun 2022.

Membidik pasar yang lebih luas, Aurus berencana untuk memperluas jajaran produknya dengan model yang lebih terjangkau dan dipasarkan massal. Model sedan kelas eksekutif dan bisnis baru akan diluncurkan pada tahun 2025, dengan target harga di bawah USD 500.000. Pengambilalihan pabrik Toyota ini menandakan langkah penting bagi Aurus untuk menjadi pemain utama di industri otomotif mewah Rusia dan global.