BPIP Ajak Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Pedomani Nilai-nilai Universal Pancasila

JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak mahasiswa Sebagai memedomani Pancasila. Sebab Pancasila Di nilai-nilai universal menjadi solusi Untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu disampaikan Kepala BPIP Yudian Wahyudi Di Kuliah Umum Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Melewati Bedah Literatur bertajuk “Pancasila Untuk Indonesia Sebagai Dunia” Hingga Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Kamis (16/5/2024).

Kuliah umum yang diadakan ini merupakan upaya BPIP Sebagai terus mengenalkan Pancasila sesuai Di instruksi Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi).

“Literatur yang Berencana kita bahas adalah terbitan BPIP yang mengulas kontribusi Pancasila Internasional, termasuk pidato To Build The World Anew Di Ir. Sukarno Hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa Ke 30 September 1960. Pidato ini diabadikan UNESCO Untuk Memory of The World, menegaskan pengakuan Internasional Di nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Tidak hanya Bedah Literatur, BPIP juga aktif Untuk mengedukasi Kelompok Indonesia tentang Pancasila, terutama kepada generasi muda Hingga sekolah, kampus, dan pesantren. “BPIP terus berikhtiar Sebagai menyosialisasikan Pancasila kepada generasi muda, khususnya adik-adik mahasiswa,” ucapnya.

Keynote Speech Untuk bedah Literatur ”Pancasila Untuk Indonesia Sebagai Dunia” yakni, Dewan Pakar BPIP Ermaya Suradinata. “Literatur yang digagas Bapak Kepala BPIP menjelaskan lebih rinci bahwasannya, roh semua manusia bangsa Indonesia adalah Pancasila. Di kerja sama yang terjalin Di BPIP Di UIN Syarif Hidayatullah, kita terus dorong Pancasila,” tegasnya.

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso mengemukakan pentingnya nilai-nilai universal Pancasila. “Pancasila Di nilai-nilai universal seperti musyawarah dan gotong royong menjadi solusi ketika dunia terpecah menjadi dua blok, Meningkatkan posisi Indonesia Hingga mata dunia,” jelasnya.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Asep Saepudin Jahar menuturkan pentingnya Pancasila Untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila adalah Pada penting Untuk kehidupan sosial dan kenegaraan, bersama Di agama dan hubungan Di Tuhan. Islam mengajarkan kebaikan Untuk Tuhan Berencana diberikan jika kita menjaga hubungan yang baik Di sesama. Mari kita mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” tuturnya.

Untuk bedah Literatur tersebut, tiga narasumber lainnya yakni, Dewan Pakar BPIP Darmansjah Djumala, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Ali Munhanif, Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Gun Gun Heryanto. Adapun yang menjadi Moderator Untuk Seminar Nasional tersebut ialah, Sekretaris LP2M Fathudin.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: BPIP Ajak Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Pedomani Nilai-nilai Universal Pancasila