Grand Syekh Al Azhar Kunjungi PP Muhammadiyah Bahas Sejumlah Permasalahan Penting

JAKARTAGrand Syekh Al Azhar Mesir Ahmad Al Thayyib Melakukan Kunjungan Hingga Kantor PP Muhammadiyah Hingga Menteng, Jakarta Pusat. Sejumlah Permasalahan penting dibahas Untuk pertemuan tersebut.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebutkan, pihaknya bersama Al Azhar Memiliki sejarah yang panjang. “Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas kunjungan Grand Syekh dan kami menyampaikan bahwa Antara Muhammadiyah dan Al-Azhar maupun sebenarnya umat Islam dan bangsa Indonesia Di Al-Azhar itu punya sejarah yang panjang,” kata Haedar Nashir kepada wartawan, Kamis (11/7/2024).

Haedar menceritakan, Sebelum pendiri Muhammadiyah Kiai Dahlan, bermukim Hingga Makkah dan belajar Untuk Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha, pemikiran pembaruan telah menginspirasi Muhammadiyah. Sejumlah tokoh Muhammadiyah, seperti Kiai Mas Mansur, yang menjabat Ketua PP Muhammadiyah Di 1937 itu, juga merupakan lulusan Al-Azhar.

“Al-Azhar menjadi pusat pemikiran-pemikiran maju. Al-Azhar menjadi pusat Sebagai lahirnya para ulama besar Hingga Indonesia,” ujar dia.

Untuk ceramahnya, lanjut Haedar, Grand Syaikh Al-Azhar menekankan pentingnya moderasi (wasathiyah) Untuk beragama dan memegang teguh prinsip ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Imam Besar juga menyoroti pentingnya ilmu hadis Untuk Islam, yang dinilai sangat kompleks dan menjadi rujukan Untuk para orientalis.

“Beliau sampaikan bahwa Al Azhar dan Muhammadiyah itu terus perlu Memperbaiki kerja sama, bukan hanya Untuk hal wasathiyah, tetapi membawa kemajuan umat Islam. Kata beliau perbedaan paham, perbedaan mazhab dan lain sebagainya yang ini juga sejalan Di kami. Tidak menjadi kendala kita Sebagai bersatu, tetapi lebih penting Untuk itu bersatu dan maju,” ungkapnya.

Grand Syaikh juga menegaskan hubungan Antara Indonesia dan Mesir, serta hubungan Antara organisasi Islam, harus terus dipererat. Di Detail, Al-Azhar berkomitmen Sebagai terus menambah beasiswa Untuk siswa-siswa Indonesia, termasuk Untuk Muhammadiyah.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Grand Syekh Al Azhar Kunjungi PP Muhammadiyah Bahas Sejumlah Permasalahan Penting