Pungli Rutan KPK: Azis Syamsuddin Absen dari Pemeriksaan, KPK Berencana Panggil Kembali

kasus-pungli-rutan-kpk-azis-syamsuddin-mangkir-dari-panggilan-pemeriksaan
kasus-pungli-rutan-kpk-azis-syamsuddin-mangkir-dari-panggilan-pemeriksaan

JAKARTA – Mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, disebut telah mangkir dari panggilan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan pungutan liar (pungli) di Rumah Tahanan (Rutan) KPK. Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menyampaikan bahwa tim penyidik tidak mendapatkan keterangan dari Azis Syamsuddin pada hari yang ditentukan.

KPK menegaskan pentingnya kerjasama dari Azis Syamsuddin dalam proses penyidikan ini. Keterangan dari saksi-saksi yang dipanggil dianggap krusial untuk menguatkan konstruksi perkara terkait dugaan kecurangan di Rutan KPK. Ali Fikri juga mengungkapkan rencana KPK untuk memanggil kembali Azis Syamsuddin pada pekan depan. Azis dipanggil bersama tujuh orang lain dalam kapasitas sebagai saksi, termasuk pihak swasta dan mantan staf administrasi DPR. Pemeriksaan tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran yang utuh dan jelas terkait kasus ini.

Menurut Ali Fikri, keterlibatan Azis Syamsuddin dalam proses penyidikan sangat penting untuk mengungkap kebenaran terkait dugaan pungli di Rutan KPK. KPK berkomitmen untuk menjaga transparansi dan keadilan dalam menangani kasus ini. Meskipun Azis mangkir dari pemanggilan awal, KPK tidak mengabaikan upaya untuk memastikan proses penyidikan berjalan lancar.

Panggilan ulang terhadap Azis Syamsuddin dan tujuh saksi lainnya menunjukkan keseriusan KPK dalam menyelesaikan kasus ini. Dengan kerjasama dari semua pihak, diharapkan kebenaran terungkap dan langkah hukum yang tepat dapat diambil. Kasus pungli di Rutan KPK menjadi sorotan publik yang membutuhkan penyelesaian yang adil dan transparan sesuai dengan hukum yang berlaku. KPK siap terus mengawal proses penyidikan ini untuk kepentingan keadilan dan pemberantasan korupsi.