Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha milik Telkom Indonesia. Mereka Memiliki ekosistem Usaha yang disebut “Island”, Antara lain island Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, Indibiz Multifinance, Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi.
Indibiz mengklaim mampu menghasilkan Perkembangan revenue Ke segmen SME Telkom 17% YoY. HUT Telkom Ke-59 juta bertepatan Di 1 tahun berdirinya Indibiz.
Mereka memang tidak menyebut angka spesifik Yang Berhubungan Di pendapatan. Tapi, diklaim sudah memberi kontribusi signifikan Di pendapatan Telkom. “Kontribusi terbesar berasal Di segmen B2B, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Ke Lokasi,” tulis keterangan resmi mereka.
Meski, Indibiz sendiri tidak hanya Berorientasi Ke Usaha Mikro Kecil. Mereka juga menjalin kerja sama strategis Di berbagai institusi. Misalnya kolaborasi Di lembaga keuangan Untuk solusi pembiayaan, serta kerja sama Di komunitas dunia usaha Untuk Meningkatkan produktivitas Usaha.
Mereka juga bekerja sama Di institusi Pembelajaran Untuk mendigitalisasi proses pembelajaran dan administrasi. Ke tahun kedua, mereka menargetkan pendapatan terus Meresahkan. Termasuk bermitra Di berbagai perusahaan seperti Moka, Microsoft, dan Google.
Kesadaran Digital Usaha Mikro Kecil Lebihterus Tinggi
Optimisme Indibiz melihat Di jumlah UKM Ke Indonesia yang melonjak Di tahun Ke tahun. Diketahui, hingga akhir 2023 jumlah total Usaha Mikro Kecil Ke Indonesia diperkirakan mencapai Disekitar 65 juta unit.
Usaha Mikro Kecil Memiliki peran penting Di perekonomian Indonesia, menyerap Disekitar 97 persen tenaga kerja dan menyumbang 61 persen Di Produk Domestik Bruto (PDB).
Di tahun Ke tahun, kesadaran para pengusaha Untuk beralih Ke digital pun Lebihterus Meresahkan. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga akhir 2023, Disekitar 30% Di total UKM Ke Indonesia telah melakukan Transformasi Digital.
Ini Menunjukkan peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun Sebelumnya. Malahan Badan Pusat Statistik (BPS) Di laporan terbarunya Menunjukkan bahwa UKM yang telah terhubung Di Jalur Digital Merasakan peningkatan pendapatan 26% dibanding Di UKM yang belum melakukan Transformasi Digital.
Hingga kini, Indibiz mengklaim telah melayani ribuan pelanggan Di berbagai sektor, termasuk Pembelajaran, Kesejajaran, Hotel, dan Peritel.
Ke Di Itu, Indibiz juga telah menjalin kemitraan Di berbagai Mula dan pengembang Ilmu Pengetahuan Untuk memperkuat ekosistemdigitalnya.
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik Usaha Mikro Kecil yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi