Bisnis  

SKK Migas Ungkap Penemuan Gas Besar Di Blok South Andaman, Potensi Tembus 2 TCF

JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gas Bumi ( SKK Migas ) dan Kontraktor Kesepakatan Kerja Sama (KKKS) Mubadala Energy, perusahaan energi internasional yang berkantor pusat Di Abu Dhabi dan operator KKS Gross Split South Andaman, hari ini Memperkenalkan penemuan gas besar lainnya Di sumur Penjelajahan laut Di Tangkulo-1, yang dibor Di Blok South Andaman berlokasi Disekitar 65-kilometer lepas pantai Pada utara Pulau Sumatera, Indonesia.

Penemuan ini menandai sumur laut Di kedua yang dioperasikan Bersama Mubadala Energy. Sumur Tangkulo-1 dibor hingga kedalaman 3.400 meter Di kedalaman laut 1.200 meter, hanya beberapa bulan Setelahnya penemuan besar Di sumur Layaran-1, yang masih berada Di Blok South Andaman.

Ditemukan Disekitar 80-meter kolom gas Di reservoar Oligocene sandstone berkualitas Di sumur Tangkulo-1 yang telah dikonfirmasi Melewati pengumpulan data-data Di pengeboran, termasuk Memperoleh 72-meter full core, wireline logging, sidewall core, pressure dan sampel fluida.

Bersama memanfaatkan desain terbaru Drill Stem Test (DST), sumur Tangkulo-1 sukses mengalirkan 47 mmscf/d gas berkualitas dan 1,300 barel kondensat. Walaupun hasil pengujian terbatas Sebab fasilitas yang tersedia, Akan Tetapi kapasitas sumur diperkirakan mencapai 80-100 mmscf/d dan lebih Di 2,000 barel kondensat.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyampaikan apresiasi atas Prestasi Di Mubadala Energy Melewati penemuan potensi lebih Di 2 TCF gas in place Di Tangkulo-1.

”Atas nama SKK Migas, saya Memberi apresiasi atas Prestasi Mubadala Energy yang kembali menemukan potensi gas Di South Andaman, Setelahnya Sebelumnya Itu Di tahun lalu menemukan gas Melewati sumur Layaran-1 Bersama potensi sebesar 6 TCF gas in place, Supaya potensi Di South Andaman Di ini mencapai Disekitar 8 TCF gas in place. Ini Memberi dorongan positif Untuk SKK Migas dan Industri Hulu Migas Di mendukung ketahanan energi nasional,” katanya.

Lebih Jelas Dwi mengatakan, bahwa penemuan ini juga menegaskan potensi Di Andaman yang besar dan mengharapkan agar KKKS lain yang Di ini menjadi operator Di blok lain Di Andaman Untuk melakukan Penjelajahan yang agresif seperti yang dilakukan Bersama Mubadala Energy.

Setelahnya Itu Dia menyampaikan, Pemberian Di seluruh pemangku kepentingan dan juga mengharapkan kesiapan industri midstream maupun downstream Untuk agar dapat sepenuhnya memanfaatkan produksi gas Di blok-blok Di Andaman dimasa yang Berencana datang.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: SKK Migas Ungkap Penemuan Gas Besar Di Blok South Andaman, Potensi Tembus 2 TCF