Wajib Tahu, Ini 5 Kebiasaan Ke Pagi Hari yang Bisa Turunkan Darah Tinggi

Jakarta

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu Situasi Pada tekanan darah sistolik Ke tubuh seseorang lebih Di atau sama Di 140 mmhg atau tekanan darah diastolik lebih Di atau sama Di 90 mmhg.

Ke kebanyakan orang, hipertensi tak memicu Tanda yang tertentu, Agar sulit Untuk dideteksi. Situasi ini dapat berbahaya jika tak segera ditangani Di baik.

Seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi yang tak terkontrol dapat memicu sejumlah komplikasi serius Ke organ tubuh, termasuk arteri, jantung, otak, ginjal, mata.


Karenanya penting menerapkan kebiasaan sehat Untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dikutip Di Livestrong, ada sejumlah kebiasaan pagi yang dapat dilakukan Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

“Mencoba perubahan ini Ke pagi hari ketika tekanan darah Anda mulai Menimbulkan Kekhawatiran, Malahan Sebelumnya Anda bangun adalah Pada yang sangat baik Untuk memulai,” kata John Higgins, MD, ahli jantung Aktivitasfisik Ke McGovern Medical School Ke UTHealth Ke Houston.

Pagi hari, kata Higgins, juga merupakan waktu kejadian Gangguan jantung seperti stroke atau serangan jantung lebih Bisa Jadi terjadi. Terkadang, masalah jantung ini sebagian disebabkan Dari peningkatan tekanan darah Ke pagi hari.

Lantas, apa saja kebiasaan Ke pagi hari yang bisa menurunkan darah tinggi? Berikut penjelasannya.

1. Batasi Kafein

Higgins mengatakan secangkir Minuman Ke pagi hari dapat menyebabkan tingkat tekanan darah tinggi yang tidak sehat, terutama jika mengkonsumsi beberapa cangkir.

Walaupun alasan pasti sampai Pada ini masih menjadi perdepatan, beberapa ahli percaya kafein dapat memblokir hormon yang membantu melebarkan arteri. Sambil Itu pendapat ahli lainnya menyebut kafein dapat menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin.

“Dua hingga empat cangkir Minuman (kira-kira 200 hingga 300 miligram kafein) biasanya Akansegera Meningkatkan tekanan darah Disekitar 8 mm Hg sistolik (yaitu angka atas) dan 6 mm Hg diastolik (yaitu angka bawah),” imbuh Higgins.

“Lonjakan ini biasanya tidak berlangsung lama. Ini Akansegera hilang Di waktu Disekitar empat jam,” kata Dr Higgins.

2. Jangan Skip Sarapan

Sebuah meta-analisis Ke Maret 2022 yang diiterbitkan Ke International Journal of Hypertension mengatakan bahwa melewatkan sarapan dihubungkan Di risiko hipertensi Ke orang dewasa.

Higgins pun merekomendasikan sarapan seimbang Untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Misalnya, yogurt rendah lemak Di kacang-kacangan dan buah-buahan.

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan hazelnut diketahui kaya Akansegera omega-3 dan lemak sehat.

“Ditambah lagi, buah-buahan seperti kiwi, pisang dan jeruk telah dikaitkan Di penurunan tekanan darah,” lanjutnya.

baca juga

3. Hindari Gula

Sarapan Di pastry dan cereal memang terlihat praktis, sayangnya Konsumsi tersebut mengandung gula yang bisa memengaruhi kenaikan tekanan darah.

“Mengonsumsi gula – terutama sirup jagung fruktosa tinggi – dapat mempengaruhi jalur Di tubuh Anda yang berhubungan Di hormon aldosteron dan peptida endothelin, yang keduanya membantu mengatur tekanan darah,” kata Higgins.

4. Rutin Aktivitasfisik

Walaupun Aktivitasfisik berat Akansegera membuat jantung terpompa dan Meningkatkan tekanan darah Untuk Sambil Itu, Latihan Ke pagi hari adalah cara yang bagus Untuk mendukung tekanan darah yang sehat secara keseluruhan.

“Pertarungan Persahabatan aerobik intensitas Di Pada dua setengah jam (atau Pertarungan Persahabatan aerobik intensitas tinggi Pada 75 menit) dan/atau Pertarungan Persahabatan kekuatan Pada 90 hingga 150 menit setiap minggu dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5 mm Hg, kata Higgins.

5. Bermeditasi

Menurut Harvard Health Publishing, membuat tubuh rileks, terutama Ke pagi hari dapat berdampak positif Ke tingkat tekanan darah. Hal ini dapat dicapai Melewati Pertarungan Persahabatan Bermeditasi.

Faktanya, orang Di hipertensi ringan yang mempraktikkan Bermeditasi berbasis kesadaran ditemukan Merasakan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik Di Studi, menurut University of Maryland Medical System.

Di Bermeditasi, tubuh diminta Untuk memproduksi lebih banyak oksida nitrat, yang membantu melebarkan pembuluh darah, Agar menurunkan tekanan darah.

Simak Video “Penderita Lambung-Hipertensi Tak Dianjurkan Makan All You Can Eat

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Wajib Tahu, Ini 5 Kebiasaan Ke Pagi Hari yang Bisa Turunkan Darah Tinggi