Bisnis  

6 PSN Sektor Perhubungan Terkendala Izin, Menhub Titip Ke Prabowo

JAKARTA – Pejabat Tingginegara Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menitipkan 6 Proyek Strategis Nasional (PSN) Ke sektor perhubungan yang belum selesai kepada pemerintah berikutnya Lantaran terkendala perizinan dan Topik pembebasan lahan. Dia optimistis PSN tersebut dapat dituntaskan Pemimpin Negara terpilih.

“Masih ada proyek yang Mungkin Saja harus selesai atau diselesaikan tahun Di. Nah, Karenanya saya mohon Dukungan,” ujar Menhub Di Kegiatan Rakernas Percepatan dan pra-Evaluasi PSN, Ke Park Hyatt, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Menhub merincikan Di periode 2020-2024 Lagi menggarap 35 PSN. Sebanyak 25 proyek telah selesai masa konstruksi, 4 proyek ditargetkan rampung Di 2024 dan sebanyak 6 proyek Akansegera selesai Setelahnya tahun 2024. Adapun 25 PSN yang telah rampung itu terdiri Bersama sektor transportasi laut sebanyak 11 proyek, sektor perkeretaapian sebanyak 7 proyek, dan sektor transportasi udara sebanyak 7 proyek.

Lebih Jelas, 4 PSN yang ditargetkan rampung Di tahun 2024, terdiri Bersama Pembuatan pelabuhan sorong, Pembuatan pelabuhan Benoa (BMTH), double track Jawa Selatan, KA Ekspedisi Lahat- Kertapati.

Sedangkan Sebagai proyek yang molor penyelesaiannya Di tahun 2024, terdiri Bersama LRT Segmen Velodrome-Manggarai, MRT Jakarta East-West, MRT Jakarta North-South, Infrastruktur KA Ekspedisi Kalimantan Timur, Pembangunan Pelabuhan Palembang Timur, Pembangunan Pelabuhan Palembang Terbaru, dan Pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi.

Baca Juga: Jokowi Tetapkan 14 PSN Terbaru, Ada PIK hingga BSD

Dia menjelaskan Bersama 6 proyek yang diproyeksikan bakal molor tersebut terdapat 2 proyek yang hingga Di ini masih belum Memperoleh investor. Seperti, Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi dan Pembangunan Pelabuhan Palembang Timur.

“Apa yang kita lakukan, kita selalu berkoordinasi Bersama swasta Setelahnya itu kita KPBU-kan. Mungkin Saja Ke sini ada swastanya dan ini adalah sekali lagi KPBU dan kreatif financing Ke mana Biaya pemerintah relatif tidak terlalu banyak,” jelasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 6 PSN Sektor Perhubungan Terkendala Izin, Menhub Titip Ke Prabowo