Apakah Makan Cokelat Pantangan buat Penderita Asam Urat?

Ada anggapan bahwa penderita asam urat pantang makan cokelat. Hal itu dikarenakan beredar dugaan bahwa kandungan theobromin Di cokelat tinggi purin. Benarkah demikian? Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Ada anggapan bahwa penderita asam urat pantang makan cokelat. Hal itu dikarenakan beredar dugaan bahwa kandungan theobromin Di cokelat tinggi purin. Benarkah demikian?

Cokelat sejatinya Memiliki segudang manfaat buat Kesejaganan. Akan Tetapi, penderita asam urat perlu menghindarinya Sebab Disorot bisa memperparah sakit yang mereka idap.

Asam urat sendiri merupakan bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit, panas, bengkak, dan kemerahan, sering kali terjadi Di sendi jempol kaki. Salah satu faktor pemicu Penyakit ini adalah terlalu banyak kadar uric acid (asam urat) Di Di tubuh yang dapat membentuk kristal Di persendian Agar menimbulkan rasa sakit.

Diketahui, Minuman tinggi purin dapat Meningkatkan risiko asam urat. Minuman tinggi purin Di lain jeroan, daging merah, serta beberapa jenis seafood seperti ikan sarden, tuna, trout, dan teri. Mengonsumsi alkohol dan fruktosa juga bisa Meningkatkan risiko asam urat.

Mengutip laman Medical News Today, cokelat sebenarnya bukan Minuman tinggi purin.

Pernyataan yang sama tercantum Di laman Praktisi Medis Sehat. Menurut laman tersebut, cokelat justru kaya kandungan antioksidan layaknya senyawa asam fenolik dan methylxanthine yang sangat baik Untuk tubuh.

Jika ada anggapan bahwa kandungan theobromin Di Di cokelat tinggi purin, pakar Kesejaganan menyebutkan bahwa hal itu tidaklah benar.

Sebuah Eksperimen yang dilakukan Dari Rafael Franco Di jurnal Nutrients yang diterbitkan Di 2013 membuktikan bahwa theobromine termasuk Di jenis xanthine yang tidak Memiliki hubungan sama sekali Bersama metabolisme purin Di Di tubuh. Hal ini berarti, mengonsumsi cokelat tidak Akansegera Menyediakan dampak Untuk masalah asam urat.

Sambil Itu, Dr. Steven Warren Lewat Eksperimen berjudul Flavonoid Research menemukan fakta bahwa kandungan flavonoid dan procyanidin Di Di cokelat mampu Menyediakan efek antioksidan serta antiperadangan yang bisa menurunkan rasa nyeri Pada asam urat kambuh.

Hanya saja, beberapa kandungan Di Di cokelat, terutama cokelat putih dan cokelat susu, dapat Meningkatkan kadar uric acid Agar memunculkan risiko Untuk seseorang terkena Penyakit asam urat.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Apakah Makan Cokelat Pantangan buat Penderita Asam Urat?