Ini 8 Cara Mengatasi Kesemutan Di Kaki dan Tangan Secara Tepat

Jakarta

Kesemutan adalah suatu Kebugaran Di Pada tubuh seperti tangan dan kaki seperti mati rasa sekaligus tertusuk seakan-Akansegera digerayangi semut. Hal itu terjadi Lantaran aliran darah yang tidak lancar atau ada saraf yang tertekan, Agar aliran oksigen tidak lancar.

Akan Tetapi jangan khawatir Lantaran kesemutan dapat diatasi Di mudah. Meski begitu, jangan pernah anggap sepele kesemutan apalagi jika terjadi secara berulang. Hal tersebut bisa Karena Itu pertanda kalau ada Gangguan serius.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kesemutan Di kaki dan tangan? Lalu apa risiko Gangguan yang muncul jika tubuh kerap Merasakan kesemutan berkali-kali? Simak penjelasannya berikut ini.


Penyebab Kesemutan

Dilansir Healthline, Di umumnya kesemutan disebabkan Di adanya penekanan Pada saraf yang terlalu lama. Hal tersebut menghambat pengiriman oksigen dan energi yang dibutuhkan tubuh Untuk mengirimkan sinyal Di otak.

Kesemutan dapat terjadi ketika seseorang duduk Di kaki bersilang Untuk waktu lama atau Lantaran meletakkan tangan Di bawah kepala Di tidur. Kebugaran tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat menusuk.

Beberapa orang yang Merasakan kesemutan membuat Pada tubuhnya Merasakan kecanggungan. Misalnya jika kesemutan terjadi Di tungkai kaki, hal itu membuat sulit Untuk berdiri dan berjalan.

Cara Mengatasi Kesemutan

Di umumnya kesemutan terjadi Di Pada tangan dan kaki. Meski awalnya terasa sakit dan seperti tertusuk, kesemutan bisa hilang Di sendirinya ketika tubuh sudah rileks dan darah kembali Datang Di lancar.

Akan Tetapi, ada sejumlah cara jitu Untuk mengatasi kesemutan Di mudah dan tepat. Simak berikut ini:

Cara Mengatasi Kesemutan Di Tangan

1. Kepalkan Tangan dan Buka

Cara yang pertama adalah Di melakukan gerakan tangan mengepal dan dibuka secara perlahan. Lakukan secara berulang kali agar aliran darah dapat Datang Di normal.

2. Menggunakan Bidai

Cara berikutnya adalah Di menggunakan bidai sebagai alat pertolongan pertama Di kecelakaan (P3K) Untuk meredakan kompresi saraf Di tangan. Bidai juga dapat mengatasi Tanda kesemutan.

3. Damai Otot Tangan

Posisikan tangan secara rileks agar otot-otot juga ikut rileks. Hal ini dapat membantu tubuh Memutuskan tekanan Di saraf, Agar saraf Akansegera Memutuskan oksigen Untuk disuplai Di darah.

4. Menggoyangkan Kepala

Kamu juga bisa menggoyangkan kepala secara perlahan Untuk meredakan tekanan Di Di saraf leher. Cara ini mampu meredakan sensasi kesemutan Di tangan.

Cara Mengatasi Kesemutan Di Kaki

1. Menggoyangkan Jari Kaki

Cobalah menggoyangkan jari kaki secara perlahan agar aliran darah kembali Datang Di normal.

2. Jangan Duduk Terlalu Lama

Cara berikutnya adalah Di tidak duduk terlalu lama. Jika badan terasa pegal dan kaki mulai merasa kesemutan, segera berdiri dan lakukan pergerakan ringan.

3. Hindari Menyilangkan Kaki

Duduk Di menyilangkan kaki Untuk waktu lama bisa menyebabkan tekanan Di saraf. Untuk itu, coba lakukan sedikit gerakan atau berdiri sejenak agar aliran darah tidak terhambat.

4. Banyak Bergerak

Cara lain Untuk mengatasi kesemutan adalah Di bergerak sesering Bisa Jadi. Hal ini dapat membantu Meningkatkan sirkulasi udara sekaligus meredakan sensasi tidak nyaman akibat kesemutan.

Gangguan Kesejajaran yang Menyebabkan Kesemutan

Memang, banyak orang yang Merasakan kesemutan Lantaran hal ringan, seperti tangan yang tertindih Di tidur atau duduk bersila Untuk waktu lama. Kebugaran itu bisa diatasi Di cara-cara yang telah disebutkan Di atas.

Akan Tetapi, ada sejumlah penyebab kesemutan yang terjadi Lantaran gangguan Kesejajaran. Hal itu ditunjukkan Di Tanda kesemutan yang terlalu sering.

Jika kamu kerap Merasakan kesemutan, hal tersebut patut diwaspadai. Mengutip Medical News Today, berikut gangguan Kesejajaran yang menyebabkan kesemutan:

  • Saraf terjepit
  • Menelan sesuatu yang beracun
  • Terlalu banyak minuman beralkohol
  • Diabetes
  • Merasakan Luka yang berulang kali
  • Stroke
  • Radang otak (ensefalitis)
  • Radang sumsum tulang Dibelakang (mielitis transversa)

Jika detikers terlalu sering Merasakan kesemutan, cobalah Untuk berkonsultasi Di Ahli Kebugaran agar Merasakan penanganan Lebih Jelas. Samping Itu, terapkan juga pola Kebugaran Yangbaik Di makan-Minuman bergizi dan rutin Latihan.

Itu dia delapan cara mengatasi kesemutan Di tangan dan kaki secara tepat. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Simak Video “ Manfaat Rutin Berjalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ini 8 Cara Mengatasi Kesemutan Di Kaki dan Tangan Secara Tepat