Bisnis  

Tekan Emisi Karbon, Pupuk Kaltim Revamping Pabrik Amonia Tertua

JAKARTA – Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memulai proses pembaruan (revamping) Pembaruan Pabrik Amonia-2, yang merupakan pabrik tertuanya dan telah beroperasi Dari 1984.

Revamping atau pembaruan pabrik tertua penting dilakukan agar lebih efisien Supaya dapat menekan emisi karbon Di menerapkan Keahlian ramah lingkungan.

Upaya ini Menyambut Pemberian Di PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA) Lewat penandatanganan pejanjian kerja sama yang sudah dilakukan Ke awal Mei ini.

Baca Juga: Mudik Gratis BUMN, Pupuk Kaltim Fasilitasi 280 Pemudik asal Bontang dan Samarinda

President Director & CEO TRIPATRA, Raymond Naldi Rasfuldi mengatakan, kemitraan telah dimulai dan pemasangan tiang pancang perdana (first piling) Ke Bontang, Kalimantan Timur serta penandatanganan komitmen keselamatan (Safety Commitment Ceremony) sudah dilakukan Ke tanggal 3 Mei 2024.

“Proyek ini merupakan komitmen kami Sebagai mendukung Pupuk Kaltim melakukan pembaruan pabrik tertua yang Berencana lebih efisien Supaya dapat menekan emisi karbon dan menerapkan Keahlian ramah lingkungan, sejalan Di mandat pemerintah Indonesia Sebagai mencapai net zero emission tahun 2060 dan menciptakan industri yang lebih hijau,” ujar dia, Rabu (15/5/2024).

Raymond menyampaikan apresiasi Sebab dipercaya Dari PT Pupuk Kaltim dan juga PT Pupuk Indonesia Lewat proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2 ini.

“Di pemasangan tiang pancang perdanana proyek ini sudah memasuki tahap eksekusi. Semua Perancangan telah selesai dan sekarang kita mulai melaksanakan proses pembangunan. Di pelaksanaan pembangunan, kami senantiasa menerapkan standar Perlindungan tertinggi Sebagai menjamin keselamatan semua pihak yang terlibat Di proyek ini,” kata Raymond.

Jika telah beroperasi penuh Sesudah revamping, Pabrik 2 ini diperkirakan bisa Memperbaiki efisiensi produksi dan Memangkas konsumsi gas yang berdampak Ke penurunan emisi CO2.

“Nantinya Pabrik 2 juga dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 4 MMBtu/ton amonia, Supaya turut menekan emisi CO2 setara Di penurunan emisi sebesar 110.000 ton CO2 per tahun,” katanya.

Di Penghayatan lebih Di 50 tahun Ke industri, TRIPATRA terus bertransformasi dan Menyesuaikan Sebagai menyediakan berbagai solusi berbasis rekayasa Metode. . TRIPATRA Menampilkan beberapa unit Usaha Mutakhir seperti solusi aset yang Memusatkan Perhatian Ke pemeliharaan dan peningkatan produktivitas fasilitas, dan juga solusi pengadaan yang menjadikan TRIPATRA sebagai mitra terpercaya Di hal pengadaan sumber daya dan material yang dibutuhkan Sebagai Ke Pembaruan proyek.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Tekan Emisi Karbon, Pupuk Kaltim Revamping Pabrik Amonia Tertua